Ditulis Oleh : Agus Triyono Syafi’ie, M.Psi

Pertama, Kenali dulu penyebab pikiran negatif yang selalu muncul

Ada beberapa faktor yang sering menyebabkan orang berpikiran negatif antara lain:

• Pengaruh internal diri sendiri

• Pengaruh eksternal dari orang lain

• Kejadian masa lalu yang pahit

• Kebiasaan negatif

• Tidak memiliki tujuan yang jelas dalam hidup

Fokuslah pada pikiran positif dari pada berpikir negatif yang sesungguhnya tidak ada manfaatnya dalam menjalani kehidupan ini.

Kedua, Kebanyakan berpikiran negatif dekat penyakit

Kebiasaan berpikiran negatif secara berlebihan bisa mendatangkan penyakit. Karena pikiran negatif, biasanya sering menimbulkan perasaan cemas, takut, pesimis, rendah diri, kesal, marah, sinisme, frustasi dan iri hati. Hal ini jika dibiarkan bisa membuat stres. Dan orang sering mengalami stres biasanya juga berpengaruh dengan kondisi kesehatan.

Direktur sains dari Greater Good Scienc e Center, UC Berkeley, Emiliana Simon Thomas, Ph.D, mengatakan bahwa penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan fakta jika perasaan sinisme yang tinggi bisa menyebabkan kepikunan dan cenderung mengalami penyakit jantung. Sementara itu perasaan benci yang berlebihan bisa menyebabkan stroke.

Ketiga, Cari dan nikmati udara segar

Salah satu cara menjernihkan pikiran negatif yang efektif adalah dengan menghirup udara segar. Apalagi jika dilakukan di pagi hari saat udara masih dingin dan menyejukkan akan menyegarkan pikiran. Tidak ada salahnya, mungkin sekali-kali pergi ke pegunungan untuk nikmati keindahan alam semesta, nikmati udaranya dan kumpulkan kembali semangat diri untuk lebih keras berjuang, berkarya, memberikan manfaat seluas-luasnya

Keempat, Selalu Bersyukur

Pikiran negatif yang ada pada diri setiap orang tentu berbeda-beda. Salah satunya pikiran buruk itu iri melihat kesuksesan orang lain, untuk itu Kita harus pandai bersyukur atas semua apa yang dimiliki saat ini, karena itu semua anugrah dari Allah SWT yang maha pemurah dan penyayang “laing syakartum la’a dzidanakum” siapa yang bersyukur, Allah SWT akan menambahkan. Dengan bersyukur, akan lebih termotivasi dalam menjalani kehidupan.

Kelima, Lupakan masa lalu dan pikirkan masa sekarang

Saya yakin setiap dari kita mempunyai pengalaman Kegagalan, bahkan tidak sekali, bisa jadi berkali-kali, atau ribuan kali kita alami kegagalan dalam hidup ini, sehingga terkadang ada trauma yang menyebabkan munculnya rasa takut untuk melangkah dan mencoba hal yang baru, karena berpikir khawatir apa yang dilakukan nanti akan menemui kegagalan kembali, seperti sebelumnya. Pikiran-pikiran negatif seperti inilah yang menghambat untuk mengeluarkan potensi diri.

Lebih baik berpikir positif saja, apa yang terjadi sekarang persiapkan diri sebaik mungkin, untuk menghadapi masa depan lebih baik. Jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk dapat meraih kesuksesan yang lebih baik.

Keenam, Curhat dengan orang yang dipercaya

Saat tidak mampu menghilangkan pikiran negatif yang terus mengganggu, jangan dipendam sendiri, cobalah untuk bercerita atau curhat kepada orang lain yang dipercaya, misalnya kepada orang tua, saudara, kerabat atau teman. Karena manusia adalah makhluk sosial.

Dengan curhat, akan meringankan beban pikiran , karena bisa jadi kita mendapatkan solusi, dan mengambil hikmah pelajaran dari sudut pandang yang berbeda dari teman curhat, sehingga bisa berpikir lebih luas dan jernih.

Ketujuh, Merapat ke lingkungan yang positif

Ketika salah memilih lingkungan, maka berpotensi terpengaruh dengan perilaku buruk. Hal ini tentu tidak baik jika berniat untuk menghilangkan pikiran negatif.

Tetapi sebaliknya, merapat ke lingkungan yang positif maka perilaku dan pikiran akan terbawa positif. Oleh karena itu, pilihlah lingkungan yang bisa membawa untuk menjadi orang yang lebih baik.

Kedelapan, Sibukkan dengan kegiatan/hobi

Saat pikiran negatif muncul, sebaiknya mencari cara untuk mengatasinya. Mungkin menyibukkan diri dengan kegiatan positif seperti membaca buku, atau membaca kitab suci Al-quran, atau menjalankan hobi misalnya bermain bola dst. Sehingga pikiran-pikiran buruk yang menghantui akan hilang dengan sendirinya.

Kesembilan, Jauhi orang-orang yang membawa pengaruh buruk

Pikiran negatif akan menjadi kebiasaan, jika kita sendiri tidak melawannya. Dan salah satu faktor eksternal yang menjadi penyebabnya adalah bergaul dengan orang-orang yang bisa membawa penaruh buruk.

Kesepuluh, Buang pikiran negatif dengan tertawa

Penting rasanya untuk selektif dalam memilih teman dikehidupan ini. Teman yang baik adalah mereka yang bisa mengajak ke arah kebaikan. Dan banyak tertawa memang menjadi cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan pikiran negatif yang selalu muncul di kepala.

Kesebelas, Alihkan pikiran negatif menjadi sesuatu yang positif

Ketika pikiran negatif mulai mempengaruhi, cobalah sedapat mungkin untuk mengendalikan pikiran buruk tersebut. Alihkan pikiran dengan hal-hal yang positif, tentunya bisa bermanfaat bagi diri sendiri, maupun orang lain. Misalnya seperti para pelukis. Mereka juga terkadang timbul pikiran negatif yang mengganggu. Namun energi negatif yang menyerang, mereka salurkan pada gambar. Sehingga apa yang sedang mereka pikirkan saat itu bisa sumber inspirasi sehingga menghasilkan lukisan indah dan berharga mahal.

Keduabelas, Tetap berkata sesuatu yang positif
Salah satu cara untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan selalu berkata sesuatu yang positif. Jika merasa kesulitan, cobalah menuliskannya beberapa kata positif, dan baca serta hafalkan kata-kata tersebut. Sehingga saat pikiran negatif muncul, secara reflek akan mengucapkan kata-kata positif yang sudah melakat dalam pikiran.

Itulah beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang mungkin selama ini sudah menjadi kebiasaan. Silakan dicoba insya’ Allah akan merubah hidup menjadi lebih baik, dan bisa meraih kesuksesan dalam hidup.

BILYATIMI PEDULI NUSANTARA

www.bilyatimi.org
Jl, Dukuh Kupang XX No. 40, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia – 60225
Email : admin@gmail.org
Telp : 085732002002 / 085733261866