Ditulis Oleh : Dr. Hamdani Lubis

Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang mulia diantara pada nabi-nabi Allah. Kemuliaan Nabi Muhammad terpancar dari firman Allah SWT bahwa ”sungguh Allah dan para malaikat mengucapkan salam kepada Nabi terkasih”. Sejak dalam kandungan ibunya Nabi Muhammad sudah menunjukan sebagai orang termulia, Ia tidak mempunyai pusar yang tersambung dengan ibunya, pusar nabi muhammad SAW putus, sementara asupan gizi langsung diberikan oleh para malaikat Allah. Karena itu, orang yang memuliakan Nabi Muhammad SAW akan mendapatkan syafaat (pertolongan) Allah SWT. Maulid Nabi SAW adalah bagian terkecil dari tradisi islam untuk memperingati kemuliaan nabi Muhammad. Nabi yang sejak kecil suci dan dijaga langsung oleh para malaikat.

Nabi yang dimuliakan

Merayakan Maulid Nabi merupakan perbuatan yang tidak dilarang oleh Islam. Sebagai tanda rasa bahagia dan syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW diatas bumi sebagai sumber peradaban bagi manusia. Sebab, diceritakan bahwa Abu Lahab, seorang yang membenci dakwah Nabi SAW, mendapatkan keringanan siksanya pada hari Senin mengingat sosoknya bergembira dengan kelahiran Nabi Muhammad.

Bahkan, begitu bahagianya, Abu Lahab sampai memerdekakan budaknya yang bernama Muhammad. Siapa yang banyak bepuasa di hari Senin sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahirannya, nabi Muhammad. Al-Qur’an menggambar tentang sosok Nabi Muhammad SAW dalam Surat Yunus ayat 58, “Katakanlah (Muhammad), ‘Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira”.

Ayat ini menjelaskan bahwa orang yang bergembira dengan kehadiran Nabi SAW mendapatkan syafaat. Sementara rahmat terbesar yang Allah berikan bagi umat Islam adalah lahirnya baginda Nabi Muhammad SAW. Allah SWT menegaskan hal tersebut dalam Al-Qur’an Surat Al-Anbiya’: 107, “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam semesta”

Dengan penjelasan ayat tersebut, merayakan Maulid Nabi merupakan perbuatan baik dan bukan perbuatan bid’ah. Pasalnya, memuliakan kelahiran seorang nabi yang mulia akan mendapatkan syafaat dan ridha Allah SWT.

BILYATIMI PEDULI NUSANTARA

www.bilyatimi.org
Jl, Dukuh Kupang XX No. 40, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia – 60225
Email : admin@gmail.org
Telp : 085732002002 / 085733261866