Ditulis Oleh : Nur Kholifah

Bersyukur bukan lagi menjadi kata asing di dalam setiap hidup manusia, nasihat untuk menjadi seorang yang pandai bersyukur tentu sudah sering pula di dengar. Baik itu nasihat yang disampaikan secara langsung maupun secara nasihat yang bertebaran di media sosial. Meskipun demikian sahabat, pada kenyataannya masih cukup banyak orang yang lalai akan hal tersebut. Bukan bersyukur atas apa yang telah dimiliki, kita justru menginginkan hal yang lebih banyak. Bahkan tidak jarang kita melihat apa yang dimiliki oleh orang lain, hingga kita menginginkan untuk memilikinya pula. Kita perlu mengetahui bahwa pada hakikatnya menumbuhkan rasa syukur itu sangatlah penting. Mengapa penting ? kita harus mengetahui alasan mengapa kita sebagai hamba harus mensyukuri nikmat yang telah diberikan, antara lain:

1. Bersyukur dapat membuat kita lebih Bahagia

Kebahagiaan hidup tentu menjadi keinginan banyak orang. Namun
demikian, masih banyak orang yang beranggapan bahwa kebahagiaan hidup itu harus dengan materi dan uang yang berlimpah, pada akhirnya sebanyak apapun yang dimiliki masih saja merasa kurang dan kurang. Tentu itu menjadi alasan terkait pentingnya mensyukuri nikmat yang ada. Setinggi apapun jabatan dan kedudukan, sepanjang apapun gelar, dan sebanyak apapun uang, harta, serta kekayaan yang dimiliki, hidup tidak akan pernah terasa bahagia jika kita tidak bisa mensyukuri nikmat yang ada.

2. Nikmat yang di dapat saat ini bisa jadi merupakan impian bagi banyak orang

Sahabat yatim, tentu kita tidak asing lagi dengan orang-orang yang memiliki jabatan dan kedudukan terhormat maupun uang dan kekayaan berlimpah. Seringkali hal tersebut membuat kita terlena sehingga melupakan rasa syukur atas apa yang telah dimiliki. Padahal jika mau melihat sekitar, apa yang dimiliki bisa jadi jauhlebih berharga dan tidak bisa dinilai dengan uang dan kekayaan, contohnya keluarga maupun teman-teman yang solid. Walaupun terlihat sederhana, namun kenikmatan yang saat ini dimiliki sebenarnya dapat menjadi impian banyak orang.

3. Masih adanya orang lain yang tidak seberuntung kita

Rasa kurang dan selalu menginginkan lebih dan lebih memang sering membuat kita lupa atas kenikmatan yang saat ini melingkupi. Bukannya melupakan rasa syukur, yang ada justru selalu kurang dan tidak pernah bahagia dengan apa yang selama ini dimiliki. Salah satu alasan mengapa harus menysukuri nikmat yang ada yaitu, diluar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kita. Bahkan posisi dan keadaan yang dalam pandangan kita buruk dan tidak menyenangkan bisa jadi itu merupakan kebahagiaan yang selama ini diharapkan banyak orang.

4. Dengan bersyukur kita akan merasa berkecukupan

Perasaan tidak puas dengan apa yang dimiliki masih sering membuat kita lupa diri. Merasa bahwa apa yang dimiliki masih kurang, pada akhirnya kita akan menempuh hal tersebut dengan segala cara, termasuk cara-cara yang tidak halal. Baik itu dalam hal positif dan jabatan maupun terkait kekayaan yang dimiliki. Namun sahabat, hal itu tidak akan terjadi Ketika kita mengenal rasa syukur. Meskipun terlihat sepele, namun mensyukuri nikmat yang ada pada faktanya membuat kita selalu merasa berkecukupan. Adapun yang terjadi, Kita akan tetap bahagia dalam menjalani hidup
5. Menghindarkan kita dari sifat rakus/ tamak
Sifat rakus memang menjadi tantangan tebesar dalam hidup. Adanya sifat rakus membuat kita selalu haus jabatan maupun kekayaan sehingga tidak pernah puas dengan apa yang dilimiki, bahkan tidak jarang perbuatan rakus menjebak kita pada perilaku curang dan ketidakjujuran. Salah satu diantara sekian alasan mengapa kita harus mensyukuri nikmat yaitu terkait sifat rakus tersebut, dengan beryukur kita akan merasa cukup sehingga terhindar dari sifat haus jabatan maupun kekayaan.

Bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT merupakan hal yang harus kita lakukan, semoga sahabat yatim senantiasa dapat bersyukur atas nikmat tersebut, aamiin..

BILYATIMI PEDULI NUSANTARA

www.bilyatimi.org
Jl, Dukuh Kupang XX No. 40, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia – 60225
Email : admin@gmail.org
Telp : 085732002002 / 085733261866