Kecanduan Gadget Pada Anak & Cara Menanggulanginya

Penulis : Agus Triyono Syafi'ie, M.Psi

 Di era saat ini, setiap anak kita dalam ancaman pengaruh negatif dari Gadget, karena anak di zaman sekarang tidak lepas untuk bermain Gadget seperti halnya HP, karena memang saat ini sudah zamannya, tetapi jangan biarkan anak kita keblabasan dalam bermain Gadget.

Pada era saat ini Gadget dapat diakses oleh semua usia untuk tujuan yang berbeda-beda diantaranya untuk belajar, bekerja, atau sekedar hanya untuk mencari hiburan semata. Kita sebagai orang tua harus mempunyai kemampuan untuk melihat indikasi negatif atas pengaruh gadget pada anak, diantaranya berikut tanda-tanda kecanduan Gadget :

  1. Anak menjadi kecanduan, dengan bermain gadget selama 2 jam lebih dalam sehari, sehingga untuk melepas dari gadgetnya sulit sekali, kecenderungan anak suka menunda banyak aktivitas yang lainnya.
  2. Mudah marah dan meledak-ledak secara emosi, terutama ketika diminta untuk menghentikan permainannya di Gadgetnya.
  3. Tema-tema yang dibicarakan anak hanya sekitar tentang Gadget, seperti game yang dimainkan atau sosial media dan lain-lain sebagainya.
  4. Sulit mengatur diri, semisalkan tidur larut malam dan malas untuk bergerak
  5. Mengabaikan lingkungan sekitar, karena anak kecenderungan hanya melakukan interaksinya dengan Gadgetnya saja, dan kurang memperhatikan lingkungan sekitarnya

Itulah beberapa ciri-ciri anak ketagihan Gadget, biasanya ketika orang tua mengetahui tanda-tanda tersebut orang tua hanya bisa bingung dan marah atas tabiat anaknya yang menjadi tidak koperatif dan tidak bisa mengontrol perilakunya. Apabila situasinya seperti itu maka orang tua harus bisa untuk mengantisipasi dan memperbaikinya.

Dalam usaha untuk mengantisipasi orang tua harus ambil kendali dalam menegakan aturan secara konsisten, yaitu ketika orang tua menegakan aturan penggunaan gadget harus ada konten yang bisa diakses anak, kapan anak bisa akses dan berapa lama waktu anak bisa mengakses, selain itu orang tua harus selalu mendampingi anak saat menggunakan Gadgetnya, sehingga kita bisa memantau apa yang dilakukan anak dengan Gadgetnya. Dan point yang paling utama dalam mengantisipasi anak dalam penggunaan Gadget yaitu orang tua harus bisa memberikan contoh secara langsung  dalam penggunaan Gadget secara tepat dan bijaksana.

Itu beberapa cara kita mengantisipasi penggunaan Gadget pada anak, sementara ketika anak sudak dalam fase kecanduan Gadget, maka orang tua wajib untuk menjalankan peran memperbaiki, dimana orang tua harus membuat rencana perubahan perilaku pada anak, semisalkan dengan cara mengurangi akses Gadget pada anak, dan menggantikan variasi aktivitas lain yang lebih interaktif dan menyenangkan, dan hal tersebut menjadi tantangan bagi orang tua untuk ciptakan kegiatan-kegiatan positif pengganti Gadget.  Selebihnya orang tua harus selalu memberikan dukungan pada anak, dengan katakan pada anak bahwa kita selalu ada untuk mereka, sehingga mereka bisa melepaskan diri dari masa sulit dalam kecanduan gadget.

Salah satu faktor Kegagalan dan kesulitan dalam menangani anak kecanduan Gadget dikarenakan  ketidakmampuan orang tua untuk mengambil alih power yang dimiliki anak, biasanya setiap anak ketika diambil Gadgetnya akan marah, kemudian orang tua memberikan kembali Gadgetnya pada anak. Jadi poinya yang membuat perubahan terasa menjadi sulit adalah tidak konsistennya orang tua dalam menerapkan aturan atau kesepakatan, dan  ketahanan yang rendah dalam menghadapi perilaku anak yang marah diawal-awal penerapan aturan.