BILYATIMI PEDULI NUSANTARA

Ditulis Oleh : Agus Triyono Syafi'ie, M.Psi

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam ilmu pola asuh yang ideal adalah sentuhan rasa kasih sayang dari orang tua kepada anaknya. Nabi Muhammad SAW telah meneladani serta mengajarkannya, karena pada dasarnya sentuhan fisik adalah ekspresi nyata dalam mengkomunikasikan rasa cinta dan kasih sayang, yang merupakan kebutuhan utama psikologis bagi setiap manusia, terutama pada anak-anak kita, karena bagian dari bahasa hati yang hanya dirasakan oleh hati mereka. Berikut titik-titik sentuhan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW :

Ubun-ubun seorang anak
“bagian ini adalah bagian yang harus sering dielus atau dikecup oleh seorang ayah atau ibu terhadap anaknya, seiring ucapan doa yang tulus” (semoga kelak engkau menjadi orang sukses nak)

Kening
“Dengan mencium kening seorang anak, maka seolah-olah orang tua telah menegaskan untuk mengatakan saya bangga kepada kamu”

Kedua pipi
“Ciuman kedua pipi adalah ciuman kasih sayang, dengan orang tua rajin mencium pipi anaknya, maka membuat anak merasakan ketulusan rasa kasih sayang dari orang tuanya”

Punggung telapak tangan
“Sesekali Nabi Muhammad SAW mencium punggung telapak tangan seorang anak. Diharapkan dengan niatan mengikuti kebiasaan nabi akan membawa keberkahan tersendiri”

Punggung anak
“Dengan menepuk punggung anak memberikan kesan yang kuat dan mendalam, bahwa orang tua percaya dan bangga dengan mereka. Dan hal tersebut menumbuhan rasa harga diri dan percaya diri terhadap anak”

Pelukan
“Terdapat sejuta arti dan makna dalam pelukan orang tua terhadap anaknya. Dengan perlukan yang tulus dari orang tuanya, akan membangun ikatan emosional yang mendalam antara anak dengan orang tuanya, dan itulah kemenangan orang tua terbesar terhadap hati anaknya ”

Itulah enam hal sentuhan yang harus kita terapkan pada anak yatim kita. Nabi Muhammad SAW yang bisa kita lakukan pada anak kita, dan saya rasa seharusnya wajib untuk dilakukan oleh setiap pengasuh yatim pada anak binaannya. Sentuhan tersebut adalah bagian dari bahasa hati yang hanya dirasakan oleh hati.

BILYATIMI PEDULI NUSANTARA

www.bilyatimi.org
Jl, Dukuh Kupang XX No. 40, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia - 60225
Email : admin@gmail.org
Telp : 085732002002 / 085733261866
X