TABUNGAN QURBAN

pertenakan sapi 2

Allah Subhanahu wa ta’ala sangat mencintai amalan Qurban dan memberikan pahala yang besar kepada hamba nya yang mau menjalankan Ibadah Qurban ini, seperti dalam Hadits Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam berikut ini :

Dari Aisyah Radiallahu anha, Nabi Sallallahu alaihi wassalam bersabda, “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Qurban yang lebih dicintai Allah Subhanahu wa ta’ala dari menyembelih hewan Qurban. Sesungguhnya hewan Qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu”

(HR. Tirmidzi)

“Qurban” berarti dekat, kata “Qurban” berasal dari bahasa Arab. Kurban dalam Islam juga berarti binatang sembelihan, dalam bahasa Arab adalah Al-Udhhiyyah dan Adh-Dhahiyyah, jenis – jenis binatang nya adalah sapi, kambing dan unta. Disembelih di Hari Raya Idul Adha dan hari Tasyriq (tiga hari setelah Idul Adha), sebagai bentuk KeImanan dan Ketaqwaan, serta Pengabdian kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Qurban dimaksudkan Allah Subhanahu wa ta’ala juga untuk mengenang peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam dan anak nya Nabi Ismail Alaihissalam, sebagai bentuk Kepatuhan hamba kepada Perintah Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dalil mengenai Qurban :

Allah Subhanahu wa ta’ala ber firman :

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah Sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus”

(QS. Al-Kautsar : 1 – 3)

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta unta itu sebagai syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan dari padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya” (QS. Al-Hajj : 36)

Hukum mengenai Qurban :

“Ibadah Qurban hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkan hal itu, maka ia dihukumi makruh”

(Hal ini berdasarkan Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Setiap Muslim yang baik pasti memiliki keinginan yang besar untuk bisa melakukan Ibadah Qurban ini, namun seringkali terbentur dengan belum adanya biaya untuk menjalankannya, berhubung biaya yang dikeluarkan untuk ber Qurban tidaklah sedikit, maka Yayasan Kami membuat terobosan, yaitu berupa solusi dengan mengadakan layanan “Tabungan Qurban” bagi Anda yang ingin ber Qurban, namun tidak dapat langsung mengeluarkan biaya sebesar nilai Qurban, jadi Anda bisa ber Qurban dengan cara menabung, sebagian demi sebagian lama kelamaan menjadi penuh sesuai dengan nilai Qurban yang dibutuhkan.

Yayasan kami memfasilitasi bagi Anda yang ingin menjalankan Amal Qurban, dan menyalurkannya kepada pihak pihak yang berhak untuk menerimanya.

Mari jalankan Ibadah Qurban Anda melalui kami, dan raih Keutamaan yang luar biasa dari Amal Ibadah ini, Amiin.

Hubungi kami untuk mengikuti Program Tabungan Qurban ini :

TELEPON : 031-566666

Rekening Bank :
BCA : 258 3030 361 atau Bank Mandiri : 14000 5666 6697
a/n. Yayasan Himmatun Ayat
X